22 Mei 2009

Menjadi Kupu-kupu yang cantik


Pada artikel saya kali ini akan membahas mengenai kupu-kupu. Kita semua tahu bahwa kupu-kupu berasal dari ulat, Ulat yang kerjanya hanya makan dan makan, hingga dianggap serangga perusak tanaman, bahkan oleh sebagian orang (terutama Kaum wanita) ditakuti bahkan ada yang sampai histeris jika melihat Ulat (apalagi yang ada bulu-bulunya tuh .. !).
Kemudian sang ulat ini jika sudah sampai waktunya akan berubah menjadi kepompong. dalam selimut kepompongnya ulat itu bertapa/bersemedi dalam kurun waktu yang cukup panjang bagi seekor serangga (apakah dalam semedinya itu sang ulat sedang menyesali perbuatannya dahulu, atau sedang menerima hukuman, entah aku juga tak tahu). Yang jelas sang ulat sedang bersemedi, tidak makan dan minum.
Pada episode selanjutnya sang Ulat berubah menjadi seekor kupu-kupu yang cantik. Dia keluar dari sarangnya, menikmati bunga-bunga, dan melakukan perbuatan yang terpuji. Kupu-kupu itu sekarang membantu penyerbukan bunga pada tanaman, sehingga tanaman akan berbuah dan menghasilkan. Kaum wanita yang tadinya takut terhadap ulat, kini menjadi suka dan mengagumi sang kupu-kupu. Bahkan Kupu-kupu menjadi simbol bagi seorang gadis yang cantik.
Dari kisah tersebut tentulah para pembaca bisa mengambil kesimpulannya. Menurut saya kuncinya ada pada episode dimana sang ulat sedang bertapa/bersemedi. Bersemedi bisa kita ibaratkan dengan Berpuasa, selama berpuasa hendaklah kita merenungkan perbuatan-perbuatan kita terdahulu, kemudian kita berniat untuk tidak mengulanginya lagi, dan akhirnya kita hidup akan menjadi penolong orang lain.

1 komentar: